Kata kunci atau keyword yang tepat untuk blog merupakan hal yang sangat penting. Jika sobat memilih keyword yang salah maka jangan heran jika blog sobat sepi pengunjung bagaikan kuburan.
Nah kali ini Bang Syahri com, ingin sedikit berbagi tentang cara riset keyword jitu yang mudah-mudahan dapat membantu sobat menemukan keyword yang tepat untuk blog sobat.
Cara yang akan Bang syahri gunakan kali ini adalah dengan menggunakan dua buah tools yang bernama Ubersuggest dan juga Google Adwords: Keyword Planner.
Sebenarnya bisa saja hanya menggunakan Google AdWords: Keyword Planner, namun keyword yang dihasilkan kurang bervariasi. Oleh karena itu kita memerlukan bantuan dari Ubersuggest.
Fungsi dari Ubersuggest di sini adalah untuk menemukan keyword variasi dari keyword utama yang kita target. Tujuannya tentu saja untuk menemukan long tail keyword.
Selain Ubbersuggest masih ada beberapa tools lain yang serupa yang tidak kalah bagus, seperti:
- http://keywordshitter.com
- http://keywordtool.io
- dll.
Analisa keyword
Riset keyword atau lebih tepatnya riset kata kunci merupakan salah satu bagian dari SEO atau pengoptimalan mesin pencari. Riset keyword merupakan langkah paling penting dalam strategi SEO.
Bagi sobat yang ingin mendapatkan pengunjung dari mesin pencari maka tidak ada alasan untuk tidak melakukan riset keyword. Sobat tetap bisa mendapatkan pengujung dari mesin pencari tanpa riset keyword, tapi tidak akan maksimal.
Riset keyword pada intinya adalah mencari kata kunci yang sering diketikan pembaca di mesin pencari google dan mengoptimasi kata kunci tersebut pada blog yang kita kelola.
Cara melakukan riset keyword
Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mencari keyword variasi dari keyword utama. Keyword utama sendiri biasanya berupa short tail keyword yang berkaitan dengan topik yang sobat bahas.
Misalnya jika blog sobat membahas Teknologi, maka keyword utamanya bisa seperti:
- Komputer
- Software
- Internet
- Gadget
- dll.
Untuk menemukan keyword variasi dari keyword utama silakan ikuti langkah di bawah ini:
1. Pergi ke http://ubersuggest.org
2. Setelah itu akan muncul web dengan iklan di mana-mana. Jangan fokus ke iklan tapi fokus ke bagian tengah.
Masukan kata kunci utama atau short tail keyword. Dalam hal ini contohnya "keyword"
Pilih bahasa. Dalam hal ini contohnya "Indonesia"
Masukan CAPTCHA
Klik Suggest
3. Setelah itu akan muncul daftar keyword yang berkaitan atau variasi keyword dari "Keyword"
4. Klik "Select All Keywords"
5. Klik "Get"
6. Copy semua keyword dan simpan menggunakan file .txt
Menganalisis Jumlah Pencarian Keyword
Langkah selanjutnya adalah menganalisis jumah pencarian di mesin pencari dari keyword-keyword yang sudah kita dapatkan dari Ubersuggest.
Hal yang paling mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan memanfaatkan Google AdWords Keyword Planner.
Caranya:
1. Masuk ke Google Adwords: Keyword Planner
- Klik "Get traffic estimates for a list of keywords /Dapatkan perkiraan lalu lintas untuk daftar kata kunci "
- Upload / Copas file keyword yang sudah sobat simpan sebelumnya
- Klik Get estimates / Dapatkan perkiraan
2. Klik "Download"
3. Pilih format file .CSV dan klik Download
4. Buka file CSV yang sudah didownload setelah itu silakan bisa dipilih-pilih mana kata kunci yang paling bagus berdasarkan jumlah pencarian yang sobat inginkan.
Perlu diketahui bahwa data-data yang ditampilkan dari Google Keywords Planner tidaklah 100% akurat.
Jika di situ tertulis jumlah pencarian perbulan 1000, maka bukan jaminan blog sobat akan mendapatkan 1000 visitor perbulan jika berada di posisi 1 Google. Bisa lebih banyak dan juga bisa lebih sedikit.
Beberapa tips yang bisa saya berikan adalah :
- Jangan pilih keyword yang dikuasi oleh web-web otoriatas, contohnya: Wikipedia
- Jangan pilih keyword yang dikuasi oleh web-web dengan pagerank di atas 5
- Jangan pilih keyword yang dikuasi oleh web-web dengan page authority dandomain authority di atas 50 (gunakan Extensi MozBar)
- dan lain sebagainya
sumber : http://www.mas-sugeng.com/2014/09/cara-jitu-riset-keyword-atau-kata-kunci.html